Saatnya Mengenalkan Indonesia Pada Dunia

“Cinli misin Japonlu musun ? “ ( “ kamu orang Cina atau orang Jepang ? “ ) adalah kalimat yg biasanya diucapakan oleh orang – orang turki saat mereka bertemu pertama kali dengan saya.

Awalnya saya agak risih karena mereka salah menebak negara asal saya . Dan sayapun harus membenarkan pertanyaan Indonesia dengan menjawab “  Endonezyaliyim “ ( “ Saya orang Indonesia .“ ) walaupun agak kurang pede , takut mereka tidak kenal .

Kejadian ini sudah terjadi berulang kali, bahkan walaupun sudah banyak pelajar asing dari Indonesia tapi masih saja Cina dan Jepang yg terlintas di kepala mereka saat pertama kali melihat kami.
Dan itu memberikan saya sebuah mind blowing.

Kenapa harus Cina dan Jepang ?

Cina adalah negara dengan perkembangan ekonomi terpesat di dunia dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi mereka berhasil mengatasi krisis ekonomi global yg bahkan Amerika sekalipun dibikin kelabakan karenanya ( apalagi Yunani ).Cina juga dikenal dengan ‘Cin Mali’ atau ‘Made in China’ nya, dimana banyak perusahaan internasional yg mendirikan pabrik di sana.

Beda lagi dengan Jepang, Jepang lebih dikenal gara – gara anime dan manganya yg sudah go international . Selain itu Jepang juga dikenal dengan teknologinya yg modern, berbagai alat – alat canggih dan nyeleneh ada di sana.

Bagaiman dengan Indonesia ?

Di sini ( Turki ) sangat sedikit orang yg tahu tentang Indonesia, mereka biasanya lebih tahu Bali daripada Indonesia itu sendiri.
Lebih parahnya lagi saya pernah bertemu dengan dengan orang yg agak sotoy, ketika saya bilang saya dari Indonesia dia dengan santainya menjawab “ Oh, yg dekatnya Nigeria itu ya ? “ satu facepalm pun melayang.
Sebegitu ga terkenalnya kah Indonesia, coba bandingkan dengan Amerika yg mungkin hamper semua orang tahu.

Saatnya mengenalkan Ibu Pertiwi pada dunia

Indonesia, negara dengan ratusan suku, budaya, bahasa dn makananya ( ini yg bikin betah di Indonesia ) pastinya adalah sesuatu yg bias dibanggakan. Belum lagi dengan sumberdaya alamnya yg melimpah. Tapi kenapa Indonesia belum bias menjadi negeri adigdaya yg mendunia?

Kita harus membuat perubahan pada Indonesia. Dan kita harus memulainya dari diri sendiri.
Contoh gampangnya dalam hal kebersihan, misalnya  membuang sampah pada tempatnya.
Kebanyakan dari kita pasti akan berpikir “ kalau cuman aku yg buang sampahnya bener dan yg lain engga’ emangnya bakal ada efeknya? “ justru gara – gara pemikiran seperti itulah orang – orang jadi malas untuk membuang sampah di tempatnya karena menganggap usahanya akan sia – sia.

Tapi hal sebaliknya akan terjadi kalau tiap orang di Indonesia “ saya akan mulai dari diri saya sendiri, walaupun itu hanya hal kecil. ” Bisa kita bayangkan semua rakyat Indonesia membuang sampah pada tempatnya, bisa – bisa Indonesia menjadi negara terbersih di dunia ( Singapura bisa kalah nih ).

Memulai sesuatu dari diri sendiri tidak hanya dalam hal kebersihan, kita bisa melakukannya dalam berbagai macam hal. Bisa dalam hal pendidikan, ekonomi, seni, olahraga bahkan anti KKN asalkan untuk hal – hal yg positif.

Jangan biarkan Ibu Pertiwi kita bersedih lebih lama lagi. Saatnya kita membangun Indonesia dan mengenalkannya pada dunia, agar dunia tahu betapa hebatnya negara kita.

Dan para bule tidak akan salah lagi mengira kita orang Cina ataupun Jepang, bisa – bisa gara – gara saking terkenalnya Indonesia malah pas para bule bertemu dengan orang – orang bermuka oriental mereka malah akan tanya “Are You Indonesian ?“

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s