Mengambil Pelajaran dari Keropeng

Waktu saya masih kecil Ibuku pernah bilang ” Kita bisa belajar dari apapun ” , tapi waktu itu saya belum kepikiran untuk mengambil pelajaran dari keropeng.

Keropeng ( bukan koreng , karena koreng dan keropeng itu beda ini keropeng kalau yg iniĀ koreng ) adalah kerak yg mengering pada luka.

Entah apa yg masuk ke dalam pikiran saya sehingga keropeng ini bisa membuat saya belajar darinya (kaya’nya emang obat saya sudah habis ).

Keropeng terkenal dengan sensasi gatalnya yg luar biasa ( lebay ) , makin hari akan makin terasa. Apalagi ketika keropeng sudah akan kering total, gatalnya sulit diungkapkan dengan kata – kata. Tangan serasa bergerak sendiri untuk menggaruk dan mengelupasnya.

Tapi terkadang jika kita mengelupas keropeng yg belum kering total justru hal buruklah yg akan terjadi, luka kita kembali terbuka dan kita harus menunggu lagi agar bisa kering kembali.

***

Dan tanpa kita sadari keropeng telah mengajarkan kita tentang kesabaran, ketika gatal sudah semakin menjadi – jadi kita diharuskan tetap bersabar untuk tidak menggaruknya. Padahal rasa gatal terasa paling parah di saat keropeng sudah akan 100% kering. Jika dipuitiskan maknanya kira – kira kaya gini :

“malam tergelap hadir ketika pagi menjelang”
atau bisa juga
“keropeng tergatal hadir ketika sembuh menjelang”

Jadi kita tidak boleh menyerah jika dihadapkan dengan persoalan yg berat, karena dibalik semua kesusahan itu pasti ada kemudahan yg menanti.

Jangan sampai kita seperti orang yg suka garukin keropeng yg mudah menyerah di tengah jalan. Dan malah membuat kita kian tersesat dan hilang arah.

***

Sebenarnya kita bisa belajar dari segala sesuatu, dari yg penting sampai yg ga penting.

Hanya satu saran dari saya, lebih baik kalian pilih hal lain untuk ambil pelajaranĀ ( jangan keropeng, masih banyak hal lain untuk kalian ambil pelajaran ).

Karena bisa – bisa kalian dianggap gila gara – gara belajar dari keropeng :D.

Advertisements

3 thoughts on “Mengambil Pelajaran dari Keropeng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s