The Ghostwriter

Jangan kaget bila sewaktu – waktu ada seleb, olahragawan, presiden ataupun anggota DPR ( maksud saya politikus ) yg bukan dari kalangan penulis meluncurkan buku, bisa jadi mereka memakai jasa ghostwriter.

Ghostwriter atau penulis bayangan bukanlah penulis yg menulis tentang hal – hal ghaib, bukan juga penulis yg menggunakan bantuan jin untuk menyelesaikan bukunya. Seorang ghostwriter hanyalah manusia biasa yg bekerja membantu orang – orang yg ingin menulis buku tapi tidak punya waktu ataupun kemampuan menulis.

Misalnya Pak Susilo, dia seorang tukang gali kubur. Dia ingin menulis buku tapi dia tidak punya keahlian dalam menulis (baca:buta huruf). Dia ingin belajar menulis, tapi mengingat pekerjaannya yg super sibuk hal itu tidak bisa diwujudkannya.
Oleh karena itu dia pun menyewa seorang ghostwriter untuk menuliskan dan menyelesaikan bukunya. Nama penulis yg ada di bukunya pun akan tetap Pak Susilo.

Itulah sebabnya orang – orang yg bekerja di bidang ini dipanggil ghostwriter, karena wujud mereka tak pernah muncul ke permukaan.

Warungfiksi.net adalah salah satu situs yg menyediakan jasa ghostwriting. Jadi bagi kalian yg pengen bikin buku, tapi ga bisa nulis, bisa minta bantuan para ghostwriter ini.

Ada satu hal lagi yg harus diingat. Jika kalian menyewa seorang ghostwriter, usahakan agar kalian tahu bagaimana proses dan pencarian ide dari buku tersebut.
Jangan sampai kita harus menahan malu karena ga bisa jawab pertanyaan – pertanyaan yg diajukan soal buku kita sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s