Trend Kekeringan Nasional

” Sebelum membaca potingan ini saya hanya ingin mengingatkan kalau ini hanyalah opini ngawur saya, jadi tidak usah terlalu dianggap serius. Tapi walaupun ini hanyalah postingan ga jelas, tetap saja saya akan memakai data yg faktual dan terpercaya. ”

Sekarang bukan cuma angry bird atau baju kotak – kotak jokowi aja yg lagi ngetrend, bahkan kekeringanpun juga lagi ngetrend tiap musim kemarau panjang di negeri kita ini.
Percaya atau tidak saya sudah menemukan cara yg gampang dan tidak perlu repot untuk bisa menghemat air.
Dan itu ga butuh tindakan yg aneh – aneh atau bahkan malah menyusahkan diri sendiri.
Cara yg saya maksud adalah dengan TIDAK MANDI, simpel tapi efektif. Karena menurut analisis saya dalam sehari seluruh penduduk Indonesia menghabiskan sekitar 38.850.000.000 lt air dalam seharinya saja. Padahal kebutuhan air minum kita saja hanya 414.400.000 lt air saja untuk seluruh penduduk Indonesia ( 1% nya saja bro ). Dan mengalokasikan air itu untuk ditampung atau untuk kebutuhan yg lebih penting (pertanian misalnya ).

Jadi kita harus menanam kebiasaan tidak mandi ini sedari dini, bisa dimulai dari diri kita sendiri. Lalu mulai mengajak kerabat dan teman dekat kita untuk tidak mandi. Dan saya sangat berharap agar Indonesia mau membuat Hari Tidak Mandi Nasional. Dengan diadakannya hal tersebut bisa menghemat persediaan air negara.

Jikalaupun memang butuh sekali untuk mandi saya punya beberapa cara yg bisa dilakukan.

  1. Gunakan gayung berukuran kecil saat mandi dengan bak.
  2. Kurangi waktu yang Anda pakai untuk mandi.
  3. Kalau pakai shower, gunakan  shower yang memiliki pengatur debit air.
  4. Ingat ini: hemat air berarti hemat uang.
  5. Mandi di kali, lebih alami dan pasti gratis.
  6. Mandi pas hujan saja.
  7. Mengganti mandi dengan tayamum.

Jadi, kita harus ingat walaupun air adalah rahmat Tuhan yg diberikan pada kita. Kita harus bijak dalam memanfaatkannya.
Karena bisa saja air akan jauh lebih langka daripada minyak bumi suatu saat nanti.

Leave a Reply

